Aremania Penonton Terbanyak ISL Aremania Penonton Terbanyak ISL | AREMA INDONESIA FC

Aremania Penonton Terbanyak ISL

Diposting oleh Unknown on Kamis, 21 Februari 2013

Aremania Yang Selalu Mendukung Arema
Predikat sebagai suporter paling loyal dan fanatik di kancah Indonesia super league (ISL),tampaknya akan tetap tertuju pada Aremania, yakni suporter Arema Indonesia. Aremania membuat tim berjuluk singo edan ini menjadi pemuncak 10 besar daftar pertandingan dengan daftar penonton terbanyak. Urutan pertama ketika Arema melawan Persiram Raja Ampat yang berakhir dengan kemenangan Arema dengan skor 3-0 pada tanggal 13 januari 2013 lalu. Jumlah penonton stadion kanjuruan pada saat itu mencapai 29.591 orang.


Media Officer Arema, Sudarmadji, juga membenarkan keaslian daftar list 10 besar penonton ISL terbanyak ini. Dia menyebut, loyalitas Aremania sudah tak diragukan lagi. Y‘’Kalau urusan loyalitas dan kesetiaan kepada Arema, Aremania itu tak diragukan. Mungkin fanatisme seperti Aremania belum ada duanya di ISL. Jargon tidak kemana-mana, tapi ada dimana-mana untuk Aremania itu masih berlaku sampai sekarang,’’ tutur Sudarmadji. Tapi, yang lebih membanggakan lagi, dari daftar 10 besar jumlah penonton terbanyak ISL, Aremania juga mendominasi. Setidaknya, ada empat laga Arema yang dapat predikat penonton terbanyak. Selain peringkat satu, peringkat dua juga diduduki oleh Aremania (lihat grafis). Yakni, laga Arema lawan Mitra Kukar, 3 Februari lalu, mencatatkan rekor 29.493 penonton.
Saat menjamu Persisam Putera Samarinda, 7 Februari 2013, Aremania mencatatkan rekor sebanyak 25.038 penonton, membuat laga tersebut menduduki peringkat 5 pertandingan dengan penonton terbanyak di ISL. Terakhir, Aremania yang berkolaborasi dengan The Jakmania pada laga Persija kontra Arema Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 16 Februari lalu, mencatatkan jumlah penonton 21.463 penonton, membuat laga ini berada di peringkat 8 terbanyak di ISL. Sudarmadji menilai, Aremania bukan sekadar suporter yang memberi dukungan ke Arema. ‘’Aremania itu bukan suporter biasa, yang cuma nyanyi-nyanyi di tribun. Mereka adalah aktor utama yang mengeksistensikan sepakbola secara kultural,’’ tutur mantan wartawan ini. Ia pun mengungkapkan, bukan hanya laga home saja yang selalu dipenuhi oleh suporter.

Saat Arema bertandang ke kandang lawan, stadion hampir selalu penuh. Karena selain ada Aremania yang ikut memadati stadion, suporter lawan pun datang demi menyaksikan laga Arema dan melihat fanatisme Aremania. Bisa jadi, kata Sudarmadji, Aremania dan Arema merupakan klub pilot project yang menghidupkan sepakbola Indonesia secara keseluruhan. ‘’Aremania adalah suporter ideal pilot project industri sepakbola Indonesia yang kreatif dan inovatif dengan berbagai bentuk dukungannya,’’ tandasnya. Sementara itu, Aremania Korwil Kelayatan, Ahmad Gozali pun tak heran, bila Aremania berada di puncak daftar 10 besar penonton terbanyak ISL. ‘’Loyalitas kita tak tersaingi. Tapi, loyalitas ini harap diimbangi dengan prestasi dari tim Arema itu sendiri. Kalau prestasi semakin naik, maka jumlah itu akan semakin banyak lagi. Saya yakin kita bisa kembali masuk daftar suporter terbanyak di Asia,’’ tandas pria yang akrab disapa AK. (MalangPost)
(sumber : http://www.facebook.com/P.Arema.Indonesia?ref=stream )

[ 0 komentar.... baca komen ato Tambahkan komen ]

Posting Komentar